Mengenal Apa Itu Deep Web ~ Memasuki Sisi Tergelap Dunia Internet

Haii sobat Rizal Design, kali ini saya akan membagikan informasi tentang "Deep Web ~ Memasuki Sisi Tergelap Dunia Internet." Mungkin masih banyak dari sobat-sobat semua yang belum mengetahui apa itu Deep Web. Nah penasarankan, Jika iya, silahkan baca , dan pahami serta share informasi berikut ini, cekidot ...
Deep Web

Seberapa sering kah kita menggunakan internet ? setiap hari ?

Dengan menggunakan internet setiap hari, bukan berarti kita memang sudah mahir dan mengenal seluk beluk dunia internet dengan baik. Mungkin saja kita hanya mengenal bagian "permukaan" internet saja. Sebab dalam nya internet siapa yang tahu ?

Internet saat ini sudah menjadi teknologi yang sangat canggih dan bisa dikatakan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi orang-orang modern di masa sekarang. Karena saat ini segala sesuatunya bisa dilakukan secara online melalui internet. Bayangakn saja, dulu ketika orang-orang belum mengenal internet, untuk membeli sesuatu kebanyakan orang akan pergi ke pasar atau mall untuk mencari barang atau kebutuhan mereka,

Namun saat ini, kita bisa membeli barang apa pun dengan sangat mudah. Bahkan meskipun kita sedang berada di toilet sekalipun, selama masih terhubung dengan internet, kita bisa memilah barang yang ingin kita beli dan memesannya.

A. Tentang Deep Web

Istilah Deep Web pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Sejak tahun 2001, deep web dikenal memiliki konten dan informasi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari surface web. Istilah surface web dan deep web digunakan untuk menganalogikan dunia internet secara keseluruhan.

Deep Web ( juga dikenal dengan nama Deepnet, Darknet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web ) di Indonesia disebut sebagai Web Dalam. Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui internet. atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari deep web.

Karena ternyata dunia internet yang setiap hari kita akses hanyalah bagian permukaan nya saja. Ada banyak sekali konten yang mungkin tidak akan pernah kita ketahui saat berselancar di internet.

Yang perlu Anda ketahui bahwa di dalam Deep Web terdapat banyak sekali sisi gelap yang tidak dapat dijangkau oleh web biasa. Oleh karena itu, untuk memasuki gerbang deep web, kita perlu menggunakan tools khusus untuk mendapatkan informasi di dalam Deep Web.

Banyak pengguna menggunakan deep web untuk berbagai tujuan, misalnya membeli dan menjual obat-obatan, membahas teknik hacking dan menjual jasa hacking, perdagangan anak. pornografi, dan sebagainya.

Deep Web

B. Mengapa Ada Deep Web

Deep Web memuat informasi yang tidak terindeks pada mesin pencarian di dunia internet seperti Google, Yahoo atau Bing. Diperkirakan jumlah konten yang terdapat di deep web memiliki persentasi sebanyak 96% dari total keseluruhan konten internet. Jumlah ini tentu sangat besar jika dibandingkan dengan konten surface web yang biasanya kita akses.

Lalu, muncul sebuah pertanyaan , yaitu : "Benarkah Deep Web Itu Berbahaya?"

Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Kepentingan apa yang membuat kita mengakses deep web?

Kalau kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, buka mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep web memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di deep web hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai kita.

Lalu, apa hubungan Deep Web dan TOR ?

TOR yang merupakan singkatan dari the onion router adalah teknologi yang memungkinkan orang untuk menelusuri web dan mengakses layanan online tanpa mengungkapkan identitas mereka. Jaringan TOR terdiri dari ribuan server yang berlokasi di seluruh dunia. Mereka dijalankan oleh para relawan yang berusaha untuk meningkatkan hak-hak privasi.

TOR Browser


Bila Anda menelusuri web menggunakan browser berbasis TOR, komunikasi Anda secara otomatis memantul ke beberapa server TOR sebelum mencapai tujuan mereka. Proses ini membuat hampir tidak mungkin bagi siapa pun untuk melacak lalu lintas kembali kepada Anda.  Menurut dokumen yang dirilis oleh Edward Snowden, bahkan NSA mengalami kesulitan untuk membuka kedok pengguna TOR. Anehnya, TOR diciptakan dengan dukungan dana dari pemerintah AS yang ingin mempromosikan arus informasi bebas.

TOR bisa dibilang software yang mirip seperti VPN yang bisa atau memungkinkan pengguna mengakses internet secara anonim. Hal ini karena didalam deep web terdapat banyak sekali hacker yang bisa saja mengancam keamanan berinternet, maka TOR bisa melindungi dari hal tersebut.

Selain memiliki banyak kegunaan terlarang, TOR juga memiliki banyak kegunaan yang sah. Sebagai contoh, Facebook baru-baru ini mengumumkan versi website yang dapat diakses melalui jaringan TOR yang akan membuat lebih mudah untuk mengakses situs Facebook dari negara-negara yang membatasi layanan, seperti China dan Iran.


Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Deep Web. Bagaimana sobat ?  sudah mulai paham ? sekian dulu penjelasan mengenai Deep Web, sampai jumpa di Tutorial Photoshop dan Informasi Umum berikutnya ...










Related Posts:

0 Response to "Mengenal Apa Itu Deep Web ~ Memasuki Sisi Tergelap Dunia Internet"

Posting Komentar